Apakah Kita Akan Masuk Surga dengan Amalan Kita?

Mungkin, pernah terangan-angan dalam benak kita bahwa sudah menjadi kemestian kalau Allah Subhanahu Wata’ala akan memasukkan kita ke dalam surga. Pikiran itu mengalir lantaran merasa diri telah begitu banyaj beramal. Siang malam, tak henti-hentinya kita menunaikan ibadah. “Pasti, pasti saya akan masuk surga,” begitulah keyakinan diri itu muncul karena melihat amal diri sudah lebih dari cukup.

Namun, ketika perbandingan nilai dilayangkan jauh ke generasi sahabat Rasul, kita akan melihat pemandangan lain. Bahwa, para generasi sekaliber sahabat pun tidak pernah merasa aman kalau mereka pasti akan masuk surga. Dan seperti itulah dasar pijakan mereka ketika mereka menyongsong perintah Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam.

Bukankah kita harus bercermin pada generasi terbaik umat Islam? Tatkala mereka membuktikan diri dengan pengorbanan hijrah. Bukankah mereka menghadapi kenyataan suram dengan meninggalkan sanak keluarga dan harta benda? Namun, harapan yang lebih besar telah menghujam di dada mereka; Allah pasti akan memberikan balasan yang terbaik. Dan itulah pilihan yang tidak mereka sia-siakan. Dengan pengorbanan menghadapi maut di saat perang Badar dan peperangan lainnya. Lagi-lagi, semua itu mereka tempuh demi menyongsong investasi besari, meraih surga.

Begitulah Allah menggambarkan mereka dalam surah Al-Baqarah ayat 214.

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang yang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: ‘Bilakah datangnya pertolongan Allah?’ Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat”

Diketik ulang dari Rubrik Tausiyah, Majalah Ummatie Edisi 08/Thn.II April 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s