Pelatihan dan Bimbingan Bahasa Arab ROHIS PA UI

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah, di tempat saya bekerja, yaitu di Pusat Administrasi (Rektorat) Universitas Indonesia (PA UI), ada suatu kegiatan yang menurut saya sangat bagus yaitu pelatihan dan bimbingan bahasa Arab yang dibimbing oleh Ustad Dr. Apipudin M. Hum. Beliau aktif sebagai dosen pada Departemen Sejarah, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.  Kegiatan yang diselenggarakan oleh  ROHIS PA UI dan dikoordinir oleh Ibu Maya ini terbuka untuk seluruh staff atau pegawai di lingkungan PA UI.

Pada pertemuan perdananya, tanggal 4 Juni 2009 pukul 16.00 WIB bertempat di ruang rapat BPMA, telah  disepakati bahwa untuk sementara waktu sampai waktu yang belum diketahui, pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan setiap hari Kamis pukul 16.00 – 17.00 di ruang rapat BPMA lt.7 PA UI.  Pengambilan waktu tersebut disepakati dengan memperhatikan beberapa pertimbangan berikut:

  • Al Ustad Dr Apipudin saat ini ada hanya bisa meluangkan waktu pada sore hari yaitu jam 16.00, dikarenakan sudah memasuki waktu semester pendek.
  • Ustad Dr Apipudin ada waktu kosong pada hari jumat jam 13.00 – 14.00, tetapi untuk para staff tidak bisa karena takut mengganggu aktivitas pekerjaan. Hal ini dikarenakan jam 13.00 – 14.00 masih jam kerja.
  • Pemilihan jam 16.00 – 17.00, menurut sebagian besar peserta yang hadir pada pertemuan pertama merupakan waktu yang tepat karena pada jam tersebut sudah di luar jam kerja, sehingga dalam proses belajar tidak terbebani pikiran pekerjaan atau dengan kata lain bisa lebih konsentrasi.

Selanjutnya Ustad Apipudin menerangkan bahwa metode yang dipakai beliau diberi nama metode Al-Ihsan. Yaitu belajar bahasa Arab dengan langsung menerjemahkan ayat-ayat Al Quran. Menurut beliau dengan metode ini kita akan mendapat dua keuntungan, yaitu kita bisa memahami makna-makna dalam Al Quran dan sekaligus secara otomatis kita akan mengerti bahasa Arab karena Al Quran itu sendiri menggunakan bahasa Arab. Saya sendiri sangat senang dengan metode ini, karena secara pribadi tujuan saya belajar bahasa Arab dengan mengikuti kegiatan ini adalah supaya saya bisa memahami apa yang saya baca ketika membaca Al Quran. Sehingga dengan mengerti arti-arti kata yang kita ucapkan kita bisa meresapi apa yang kita baca, yang kemudian kita bisa menangkap maksud dan bisa mengamalkan apa-apa yang terkandung di dalam Al Quran. Ustad Apipudin sendiri menjelaskan bahwa Al Quran ini berfungsi sebagai Hudan ( pedoman hidup ). Jadi meskipun dengan membacanya saja sudah mendapatkan pahala atau kebaikan, tetapi ada fungsi lain yang lebih besar yang seharusnya kita kejar, yaitu hudan tadi. Dan untuk bisa menjadikan Al Quran sebagai hudan paling tidak kita harus tau artinya terlebih dahulu. Sehingga fungsi Al Quran sebagai bayan (penjelas) bisa sampai kepada kita.

Satu keuntungan lagi ketika kita menggunakan metode ini adalah kata-kata di dalam Al Quran banyak yang diulang-ulang. Oleh karena itu, jika kita sudah mengetahui atau hafal arti suatu kata, maka ketika kata tersebut muncul di ayat-ayat lain kita pun sudah tau  artinya atau juga bisa mengingat kembali atau memperkuat ingatan kita.

Satu lagi yang perlu diinformasikan bahwa setiap pertemuan Insya Allah Ustad Apipudin akan menyiapkan handout yang di print dan diperbanyak, namun demikian para peserta diharapkan tetap membawa catatan. Dan disetiap akhir pertemuan akan diberikan PR (Pekerjaan Rumah) tetapi sifatnya tidak untuk memberatkan peserta. Dari PR tersebut nantinya akan para peserta akan saling sharing apa yang mereka dapat.

Mungkin lebih kurang demikian ringkasan atau intisari dari pertemuan perdana, mudah-mudahan bisa menjadi informasi bagi yang tidak hadir pada pertemuan pertemuan tersebut yang berminat untuk mengikuti kegiatan ini.

Insya Allah setiap pertemuan, hasil belajarnya akan saya tulis di blog ini, jadi yang ga sempat dateng, masih bisa baca-baca.

Pertemuan 1 : Surat An Nas

Terima kasih,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s